Home Forum

Forum

Apa kandungan sabun cloris soap for men sehingga ampuh mengatasi jerawat pria ?  

  RSS

Faris Dedi Setiawan
(@ganesh)
Member Admin
Joined:12 months  ago
Posts: 96
06/12/2017 1:50 pm  

Cloris Soap adalah sabun wajah yang terbuat dari bahan-bahan pilihan, berbusa lembut, dan diperkaya dengan carbon aktif, collagen. Bekerja secara alami yang dapat membuat kulit wajah Anda bersih, sehat dan lembab. Cocok untuk segala macam jenis kulit laki-laki.

Dengan Sabun Cloris ini lebih dari 98% PRIA BERHASIL mengatasi masalah minyak berlebih, timbulnya jerawat, komedo, bintik pori-pori besar, noda jerawat, bekas jerawat, kulit kasar, kering, kusam, tekstur dan warna yang tidak merata.

Cloris Soap diformulasikan khusus untuk karakteristik kulit pria. Cloris Soap dapat menjadi jalan meregenerasi kulit, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan flek, memudarkan kerutan, menghilangkan jerawat, mengecilkan pori-pori yang besar, membersihkan wajah dari kotoran dan minyak yang menempel, mencerahkan kulit wajah, melembutkan kulit serta membuat kulit menjadi lebih sehat.

Cloris Men Soap merupakan sebua sabun yang diperkaya kandungan carbon aktif dan kolagen. Bekerja secara alami, tanpa mengalami pengelupasan, wajah menjadi kasat kering, dan wajah menjadi lebih terawat di bawah terik matahari. Bila anda pernah menemui sabun wajah seperti belerang, tentu akan mengakibatkan kulit menjadi kering setelah beberapa jam, terlihat sisik sisik putih. Namun cloris men soap tidak akan membuat wajah menjadi kering melainkan membuat wajah semakin lembut.

Komposisi Cloris Men Soap Sabun Perawatan Wajah Pria Berjerawat

  1. Kabon aktif
  2. Kolagen
  3. Bahan lain sebagai pendukung

 

Bahan lain yang mendukung Antara lain :

Sucrose, Aqua, Cocos Nucifera Oil, Stearic Acid, Propylene Glycol, Alcohol Denat, Glycerin triethanolamine, Sodium Hydroxide, Sodium Laureth Sulfate, Sorbitol Cocamidopropyl, Betaine, Parfum Kojic Acid, Alpha-arbutin, Collagen, BHT.

 

SUCROSE

1. Menghaluskan bibir

Masukan sedikit air di jari Anda, kemudian celupkan ke dalam gula pasir dan oleskan secara lembut pada bibir Anda dengan gerakan melingkar untuk mengelupas kulit mati. Trik ini sangat cocok ketika Anda sedang terburu-buru dan menyadari bahwa bibir Anda kering atau bersisik.

2. Melembutkan kulit

Selain mengelupas kulit mati pada bibir, gula juga bisa dimanfaatkan untuk mengelupas kulit mati di kulit Anda. Caranya, campur gula (kalau bisa brown sugar) dengan sedikit pisang untuk membuat scrub yang bisa digunakan melembutkan kulit. Oleskan pada tubuh Anda untuk mengelupas kulit mati secara teratur.

3. Mencerahkan kulit

Ketika Anda harus menghabiskan waktu di pantai, Anda bisa menjaga kulit tetap cerah dengan membuat ramuan berikut: Campur gula dengan minyak untuk membuat body scrub yang bisa Anda oleskan pada punggung, kaki, dan bahu. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan kecerahan yang pas untuk kulit Anda.

4. Menghaluskan kaki yang kasar

Campur gula dan minyak peppermint, kemudian gosokkan campuran ini ke bagian bawah kaki Anda saat di kamar mandi untuk mengelupas sel-sel mati dan kulit yang kering.

5. Membersihkan tangan yang kotor

Jika tangan Anda terkena minyak atau kotoran dan susah untuk membersihkannya dengan cairan apapun, Anda bisa menambahkan gula pada sabun. Dengan cara ini tangan Anda bisa dibersihkan lebih mudah karena campuran ini bersifat abrasif.

6. Membantu mencukur kaki dengan lebih halus

Ketika Anda bercukur, biasanya kulit kaki akan terasa kasar. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan gula dalma gerakan memutar sebelum bercukur, kemudian bilas. Setelah itu, baru Anda bisa bercukur. Dengan demikian, kulit mati di kulit telah terkelupas sehingga pisau cukur bisa mencukur lebih dekat ke bulu kaki Anda.

7. Membuat tangan terlihat muda

Ingin tangan cantik yang terlihat muda dan segar? Campur secangkir gula (bisa brown sugar) dengan 1/3 cangkir minyak zaitun ditambah kapsul vitamin E untuk bahan scrub. Bilas, biarkan tangan Anda kering, dan Anda siap untuk menerapkan nailarts favorit Anda.

 

COCOS NUCIFERA

Minyak kelapa atau coconut oil merupakan pelembap dan pelembut kulit alami yang sangat baik dan mudah diserap kulit. Kemampuannya meresap ke dalam kulit membantu pemanfaatan tanaman obat lainnya, seperti essential oil karena minyak kelapa membawa minyak lain melewati pembatas kulit agar dapat masuk ke tubuh.

Minyak kelapa juga berkhasiat menenangkan dan anti-inflamasi, serta anti-jamur maupun mikroba. Selain itu juga mengandung asam laurat tinggi yang dikenal anti-bakteri, anti-virus, dan anti-oksidan, serta nutrisi lainnya seperti Vitamin E, yang juga terkenal sebagai anti-oksidan alami. Artinya, minyak kelapa sangat efektif dalam memperbaiki kulit dan jaringan lunak yang rusak agar tubuh terlihat dan terasa segar sekaligus sehat.

Minyak kelapa dihasilkan dari buah pohon kelapa (Cocos nucifera), yakni golongan tanamanberasal dari Asia. Dalam dunia botani, tanaman ini termasuk dalam family Arecaceae, bersama anggota spesies lainnya yang ada di sepanjang pantai dan desa-desa kecil di sepanjang daerah tropis.

Di tempat-tempat berkembangnya kebudayaan Polinesia, seperti di beberapa pulau di Indonesia, pohon kelapa disebut juga ‘Pohon Kehidupan’ karena pohon yang ditanam dari kecil dapat memberi ribuan manfaat di sepanjang kehidupan seseorang. Semua bagian tanaman bisa dipakai, mulai dari akar, batang, cabang, dan daun hingga biji, serabut, daging, air, santan, dan tentu saja, minyaknya.

Di Blue Stone Botanicals, kami menggunakan minyak kelapa yang berasal dari Indonesia sebagai bahan dasar berbagai produk kesehatan alami. Jadi minyak kelapa yang murni dan alami ini merupakan produk asli Nusantara. Produk alami dari Blue Stone membawa Anda pada tradisi panjang masyarakat Nusantara yang memanfaatkan ‘Pohon Kehidupan’ sebagai bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.

 

STEARIC ACID

Stearic acid adalah asam lemak jenuh hasil olahan buah kelapa sawit yang memiliki berbagai manfaat, antara lain sebagai komposisi tambahan dalam makanan, kosmetik, dan bahan baku lilin.

 

Stearic acid banyak digunakan dalam industri pembuatan lilin, untuk mengeraskan serta meningkatkan daya tahan dan konsistensi nyala lilin. Lilin yang dibuat memakai stearic acid mempunyai kualitas baik, karena mempunyai tekstur yang halus tetapi keras.

 

Stearic acid juga digunakan dalam produksi sabun dan kosmetika karena mudah larut dalam air. Juga bermanfaat untuk mengeraskan sabun, serta memberi warna putih mutiara.

 

Kelebihan lain dari Stearic acid adalah mampu mengikat dan membantu proses pengentalan berbagai produk kosmetik, yang membuat kosmetik terasa lembut saat bersentuhan dengan kulit, serta membuat kosmetik tetap melekat di kulit manusia meskipun digunakan dalam waktu lama.

Asam stearat berguna pula untuk mencegah oksidasi, sehingga umum digunakan pada industri logam untuk melapisi serbuk besi dan aluminium pada kembang api. Memakai stearic acid memungkinkan kembang api dapat disimpan dalam waktu lama.

 

PROPYLENE GLYCOL

Propylene Glycol, atau sering disingkat dengan PG, adalah produk turunan dari Petroleum. Cairan ini tidak mempunyai bau dan warna. Di dalam dunia rokok elektrik, Propylene Glycol seringkali digunakan untuk memberikan sensasi ‘throat hit’, yang diasosiasikan dapat memberikan sensasi dan pengalaman yang sama dengan merokok tembakau.

Propylene Glycol juga dapat mengikat rasa (flavor) dengan lebih efektif dibandingkan Vegetable Glycerin, yang berarti Propylene Glycol adalah basis cairan yang paling sering digunakan untuk mengikat konsentrat rasa dan juga nikotin.

Bagaimana Propylene Glycol Dipakai?

Propylene Glycol dapat ditemukan dalam berbagai barang-barang kebutuhan sehari-hari, seperti contohnya:

  • Inhaler Asma
  • Produk kesehatan yang digunakan secara oral (ditelan), disuntik, ataupun sebagai formulasi topical.
  • Produk kesehatan, seperti rias wajah, sampo, dan tisu bayi.
  • Makanan hewan.

Apakah Propylene Glycol Aman?

Berbagai penelitian membuktikan bahwa Propylene Glycol aman untuk dikonsumsi, dan FDA telah mengklasifikasikan Propylene Glycol sebagai “Generally Recognized as Safe” untuk digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Dalam penelitian jangka panjang yang dilakukan pada tahun 1947, menghirup Propylene Glycol disimpulkan tidak memiliki efek apapun terhadap tubuh manusia.

Hasil penelitian tersebut dapat dilihat di link berikut:
http://jpet.aspetjournals.org/content/91/1/52.abstract

Banyak juga media massa yang melakukan pembohongan publik, dengan memberikan pernyataan bahwa Propylene Glycol adalah zat beracun yang digunakan sebagai zat anti beku (anti-freeze). Akan tetapi, fakta sebenarnya adalah, bahwa zat yang dimaksud tersebut adalah Ethyl Glycol, sebuah zat yang mirip dengan Propylene Glycol, tapi sebenarnya tidak mempunyai keterkaitan apapun dan tidak digunakan sama sekali dalam rokok elektrik.

Apa Yang Harus Saya Ketahui Tentang Menghisap Propylene Glycol?

Beberapa orang merasakan bahwa Propylene Glycol sangat mengiritasi tenggorokan mereka. Alergi terhadap Propylene Glycol sangatlah jarang ditemui, tapi mungkin saja kamu termasuk salah satu di antaranya. Apabila kamu merasa gatal, ataupun merasa tidak nyaman setelah menggunakan liquid yang mengandung banyak Propylene Glycol di dalamnya, kamu dapat memilih liquid dengan 100% VG sebagai gantinya. Sudah banyak liquid yang beredar di pasaran menawarkan liquid dengan 100% VG, ataupun MAX VG.

Efek samping dari berhenti mengkonsumsi rokok tembakau, dan mulai mengkonsumsi Propylene Glycol adalah mulut kering, sakit tenggorokan, dan rasa haus yang berlebihan. Efek samping ini biasanya dapat terjadi selama beberapa hari sampai beberapa minggu sampai tubuh beradaptasi sepenuhnya. Disarankan untuk banyak meminum air putih selama proses adaptasi ini berlangsung.

 

ALCOHOL DENAT

Kita ketahui alkohol yang digunakan pada parfum FM by Federico Mahora adalah BUKAN SEMBARANG alkohol yang digunakan oleh PERFAND (pabrik FM di Polandia) untuk melarutkan essence fragrance dari DROM. Parfum FM HANYA menggunakan alkohol khusus yaitu ALKOHOL DENAT. 
 
Inilah penjelasan dari Shayk (Mufti) Ibn Adam (HA), Darul Iftaa, Licester, UK: Pada prinsipnya alkohol yang di ekstrak dari anggur, kurma, barley adalah Haram, baik diminum atau penggunaan di kulit. Tipe alkohol diketahui sebagai Khamr (wine).
Allah Most High says:
"O you who believe! Alcohol (khamr), gambling, dedication of stones, and divination by arrows are an abomination (impure) of Shaytan's handiwork. So abstain from such (abomination) that you may prosper." (al-An'am, 90)
Sayyiduna Abu Hurayra (Allah be pleased with him) narrates that the Messenger of Allah (Allah bless him & give him peace) said: "Khamr (wine) is from these two trees, dates and grapes." (Sahih Muslim, no. 1985)
Sedangkan Alkohol Denat dibuat khusus sehingga tidak diekstraksi dari anggur, kurma dan barley. Menurut Imam Abu Hanifa & Imam Abu Yusuf dari sekolah Hanafi adalah diperbolehkan untuk memakai alkohol denat untuk tujuan medikasi (tidak untuk keterangan dan kenikmatan selama tidak menimbulkan keracunan. Mereka mendasarkan kepada Abu Hurayra (Allah be pleased with him) stated above. Also, the Messenger of Allah (Allah bless him & give him peace is reported to have said: "Khamr (derived from grapes, dates and barley) is in itself unlawful (and impure), and also all the other beverages that reach the level of intoxication." (See: al-Zayla'i, Nasb al-Raya, 4/306)
Bahwa parfum tidak Haram bila menggunakan alkohol denat. Karena alkoholnya tidak berasal dari anggur, kurma, dan barley dan tidak termasuk khmar (Wine).

Saat ini FM World mengakomodir kebutuhan umat muslim di Dunia, dengan memproduksi parfum berkualitas dan aman bagi kesehatan. Terbukti FM World saat ini beroperasi di negara-negara yang penduduknya mayoritas Islam, seperti Uni Emirates Arab, Qatar, Lebanon, Malyasia serta Indonesia.
 
GLYCERIN
Penggunaan Gliserin pada produk kecantikan nantinya akan berperan sebagai pelembab kulit, Gliserin dapat mengikat cairan dan menyerap kadar air dari lingkungan sehingga kelembaban kulit kita jadi terjaga. Biasanya hanya produk-produk berkualitas saja yang menggunakan ekstrak Gliserin, dan harganya pun sudah pasti lebih mahal.
  1. Gliserin dapat menjadikan wajah kita lebih cerah.
  2. Melindungi kulit dari sengatan singar matahari yang dapat membuat kulit jadi gelap dan keriput.
  3. Membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati.
  4. Melembabkan kulit sehingga selalu tampak segar, kenyal, dan awet muda
  5. Sebagai anti aging / anti penuaan karena Gliserin dapat memperbaiki sel kulit yang rusak sehingga kulit wajah kembali halus, dan keriput menjadi berkurang.
  6. Gliserin dapat menyamarkan bintik-bintik dan noda hitam pada kulit wajah sehingga warna kulit kembali merata.
  7. Menghaluskan dan melembutkan kulit yang kasar.

Selain manfaatnya untuk kecantikan kulit, Gliserin juga di gunakan untuk produk perawatan rambut, selain itu kandungan gliserin juga terdapat pada sabun cukup karena tidak mudah kering sehingga dapat memudahkan saat membersihkan rambut.

 

TRIETHANOLAMINE - TEA

Begitu banyak kosmetik beredar di masyarakat dan begitu banyak pula kandungan berbahaya dalam kosmetik yang akan menimbulkan dampak dan efek merugikan bagi pemakainya. Salah satu ingredients yang sering digunakan dalam kosmetik adalah triethanolamine atau yang kerap kali disebut dengan TEA. TEA diproduksi secara sintesis untuk keperluan komersial dari aminasi etilen dan amonia.

TEA merupakan senyawa kimia tak berwarna atau kuning muda dan beraroma seperti amonia. TEA menetralisis larutan karbomer untuk membentuk gel dan menetralisis asam stearat untuk membentuk emulsi anionik dan berperan sebagai agen alkali untuk mengontrol pH.

TEA digunakan untuk mengurangi tegangan permukaan dalam emulsi sehingga banyak digunakan sebagai emulsifier dalam kosmetik berbasis air. Hampir 40% produk kosmetik di pasaran mengandung TEA. Triethanolamine biasanya terdapat pada kosmetik kecantikan seperti body lotion, shampoo, baby lotion, pemulas mata, maskara, eyelinerfoundationconcealer, dan beberapa produk perawatan rambut seperti pewarna dan bahan keriting rambut.

Menurut Food and Drug Administration (FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) dan Cosmetic Ingredient Review (CIR), dosis rendah TEA hanya aman digunakan dalam kosmetik untuk penggunaan yang tidak terus menerus dan harus disertai pembilasan di permukaan kulit. Dalam penggunaan dengan kontak kulit yang lama, kadar TEA tidak boleh lebih dari 5%.

Meski digunakan dalam dosis rendah, penyerapan TEA melalui kulit secara terus menerus dapat berbahaya pula karena senyawa beracun akan terakumulasi menjadi dosis besar. Resiko iritasi kulit, rambut dan mata serta peradangan. Uji klinis menunjukan bahwa dosis tinggi TEA dapat mengakibatkan kanker liver dan testikular pada hewan percobaan.

Nama dagang TEA adalah Daltogen, Sterolamide, Sting-Kill, Thiofaco T-35 dan Trolamine sedangkan dalam label kosmetik TEA dituliskan sebagai : triethanolamine, TEA, TEA-lauryl sulfate.

Jelaslah bahwa meski suatu bahan terbuat dari material halal, ke-thayyib-an bahan tersebut harus tetap diperhatikan oleh seorang muslimah.

 

SODIUM HYDROXIDE - SODA API

Natrium hidroksida (NaOH), juga dikenal sebagai soda kaustik, soda api, atau sodium hidroksida, adalah sejenis basa logam kaustik. Natrium Hidroksida terbentuk dari oksida basa Natrium Oksida dilarutkan dalam air. Natrium hidroksida membentuk larutan alkalin yang kuat ketika dilarutkan ke dalam air. Campurkan larutan soda api dengan minyak. Biasanya minyak zaitun, minyak kelapa, dll. Larutan soda api dengan minyak kelapa menghasilkan busa yang lembut untuk kulit. Untuk menghasilkan sabun keras, berbusa lembut dan baik untuk kulit.

Soda api memiliki rumus kimia NaOH atau Natrium Hidroksida dan dalam bahasa Inggris disebut Sodium Hydroxide. Sebenarnya soda api dibuat dari bahan alami berupa garam dan air dengan energi listrik. Sesuai dengan namanya, soda api memang sangat panas jika terkena tangan apalagi jika tangan Anda sedang basah atau berkeringat. Soda api mudah larut dan sangat bereaksi dengan air. Ketika dilarutkan dalam air, larutan akan menjadi panas. Jika terkena mata dapat menyebabkan kebutaan dan jika terkena kulit dapat menyebabkan iritasi. Oleh karena itu para soapmaker wajib menggunakan perlengkapan keselamatan saat membuat sabun. Karena sifatnya yang sangat berbahaya, banyak masyarakat awam yang mencari sabun tanpa soda api. Benarkah ada?

Faktanya, soda api adalah salah satu bahan dasar wajib jika Anda hendak membuat sabun padat alami. Nah lho? Alami tapi kok pakai soda api? Soda api merupakan senyawa alkali yang dibutuhkan untuk mengubah minyak menjadi sabun melalui proses saponifikasi. Tanpa soda api minyak tidak akan menjadi sabun. Reaksi saponifikasi atau penyabunan hanya akan terjadi jika minyak atau lemak direaksikan dengan larutan alkali. Jadi, bahan yang sangat dasar dari sabun padat alami adalah minyak atau lemak dan soda api.
 
Dengan fakta yang saya jelaskan tadi tetap saja ada yang takut dengan sabun 'soda api' tadi. Sekarang pertanyaannya adalah,"benarkah ada sabun tanpa soda api?" Jawabannya ialah "ada." Tapi, ada beberapa kemungkinan tentang sabun tersebut. 
 
1. Sabun tersebut adalah sabun cair. Sabun cair tidak menggunakan soda api sebagai pereaksi tetapi menggunakan KOH atau Kalium Hidroksida atau Potassium Hydroxide. Senyawa ini memiliki sifat yang sama bahayanya dengan soda api, bedanya hanya pada hasil akhirnya yang berbentuk cair.
 
2. Sabun tersebut tidak alami. Sabun sintetis atau tidak alami berbahan dasar deterjen semisal Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau Sodium Laureth Sulfate (SLES). Ditambah lagi dengan bahan pelimpah busa, bahan pengeras dan lain-lain. Ciri-ciri sabun sintetis dapat Anda baca di artikel ini. Tentunya sabun sintetis memiliki dampak negatif terhadap keseluruhan tubuh manusia.
 
3. Sabun tersebut sebenarnya mengandung soda api tetapi tidak mencantumkannya secara langsung. Ada beberapa sabun yang mencantumkan pada komposisinya 'soap base'. Soap base adalah sabun dasar yang sebenarnya juga dibuat dari minyak yang direaksikan dengan larutan alkali (jika soap basenya alami).
 
Lalu, muncul pertanyaan selanjutnya. Jika sabun alami dibuat dari minyak yang direaksikan dengan soda api, apakah benar aman bagi kulit? Penting saya tekankan bahwa sabun alami jelas aman dan tidak berbahaya. Proses saponifikasi mengubah trigliserida (lemak atau minyak) yang direaksikan dengan soda api menjadi garam natrium asam lemak (sabun) dan gliserol (bahan yang terbentuk secara alami yang menjadikan sabun bersifat lembut). Proses kimia berbeda dengan proses fisika. Pada proses kimia, reaksi yang terjadi dapat mengubah jenis senyawa-senyawa di dalamnya termasuk juga mengubah sifat-sifat senyawa tersebut menjadi berbeda sama sekali dibanding sebelum reaksi.
 
Pada pembuatan sabun, seperti yang telah saya jelaskan tadi, soda api dan trigriserida akan berubah menjadi senyawa lain yaitu sabun dan gliserol. Itu artinya, setelah sabun jadi sempurna, sabun tidak lagi mengandung soda api sama sekali. Dan itu berarti sabun alami sangat aman bagi kulit manusia. Jika ada yang menawarkan sabun alami tanpa soda api saya sangat ragu sebab bagaimana minyak bisa menjadi sabun tanpa soda api? Anda bisa saja membuat sabun padat dengan bahan SLS dan asam stearat (pengeras) ditambah bahan-bahan herbal sehingga terlihat alami padahal tidak.
 
Bagaimana soaplovers? Mulai sekarang Anda sudah paham dan mulai bisa berhati-hati dalam memilih sabun. Sabun alami yang dibuat melalui proses saponifikasi pasti menggunakan basa alkali (NaOH atau KOH).
 
 
SODIUM LAURETH SULFATE
Sodium Laureth Sulfate (surfaktan, pembentuk busa yang baik dan kondisioner yang baik). Bahan tersebut banyak terkandung pada sampo yang berfungsi sebagai pembersih dan pencipta busa. Sebenarnya bahan tersebut relatif aman, tetapi jika kontak cukup lama dengan kulit bisa menimbulkan iritasi dan memicu kulit kering. Hal itu karena detergen mengangkat lapisan lipid pada kulit. Karena bersifat pembersih, maka lemak - lemak yang berfungsi untuk melindungi kulit juga ikut larut, sehingga kulit menjadi kering dan akan mengakibatkan iritasi.
 
 
SORBITOL
 
Sorbitol pertama kali ditemukan oleh ahli kimia dari Perancis yaitu Joseph
Boosingault pada tahun 1872 dari biji tanaman bunga ros. Proses hidrogenasi gula
menjadi sorbitol mulai berkembang pada tahun 1930. Pada tahun 1975 produsen
utama sorbitol adalah Roguette Freres dari Perancis. Secara alami sorbitol juga
dapat dihasilkan dari berbagai jenis buah.

Sorbitol dinyatakan GRAS atau secara umum dikenal sebagai produk yang
aman oleh U.S. Food and Drug Administration dan disetujui penggunaannya oleh
Uni Eropa serta banyak negara di seluruh dunia. Mencakup Australia, Austria,
Kanada dan Jepang (Suara merdeka, 2008 dalam Sari Permata Dian,2014).
Produksi sorbitol lokal selain untuk pemasaran dalam negeri juga sebagian
besar untuk diekspor. Ekspor sorbitol sejak tahun 1989 hingga tahun 1992
cenderung mengalami penurunan, hal ini diakibatkan semakin meningkatnya
permintaan dalam negeri. Sorbitol atau dikenal juga hexitol dengan rumus kimia
C6H14O6. Walaupun ekspor terus ditingkatkan namun hingga saat ini Indonesia
masih terus melakukan impor.

Sorbitol adalah senyawa monosakarida polyhidric alcohol. Nama kimia lain
dari sorbitol adalah hexitol atau glusitol dengan rumus kimia C6H14O6. Struktur
molekulnya mirip dengan struktur molekul glukosa hanya yang berbeda gugus
aldehid pada glukosa diganti menjadi gugus alkohol. Zat ini berupa bubuk kristal
berwarna putih yang higroskopis, tidak berbau dan berasa manis, sorbitol larut
dalam air, gliserol, propylene glycol, serta sedikit larut dalam metanol, etanol,
asam asetat, phenol dan acetamida. Namun tidak larut hampir dalam semua
pelarut organik.
Sorbitol dapat dibuat dari glukosa dengan proses hidrogenasi katalitik
bertekanan tinggi. Sorbitol umumnya digunakan sebagai bahan baku industri
barang konsumsi dan makanan seperti pasta gigi, permen, kosmetik, farmasi,
vitamin C, dan termasuk industri textil dan kulit (Othmer, 1960 dalam Sari Permata Dian,2014).

 
Bidang Kosmetik dan pasta gigi
Penggunaan sorbitol sangat luas di bidang kosmetika, diantaranya digunakan
sebagai pelembab berbentuk cream untuk mencegah penguapan air dan dapat
memperlicin kulit. Untuk pasta gigi, sorbitol dapat dipergunakan sebagai
penyegar atau obat pencuci mulut yang dapat mencegah kerusakan gigi dan
memperlambat terbentuknya karies gigi.
 
 
COCAMIDOPROPYL BETAINE
Cocamidopropyl Betaine (CAPB)berfungsi sebagai 'surfactant' singkatan dari "surface acting agent'. Seperti Sodium Lauryl Etner Sulfate, zat ini memiliki kegunaan yang hampir sama sebagai pembersih atau 'pembuang' kotoran yang menempel. 
 
PARFUM
 
KOJIC ACID
Saat ini banyak produk perawatan kulit yang mencantumkan Kojic Acid sebagai komposisinya, sebernarnya apa itu Kojic Acid dan apa manfaat dari Kojic Acid ini untuk kulit

Apa itu Kojic Acid?
Kojic acid, memiliki nama kimia 5-hydroxy-2-hydroxymethyl-4-pyrone. Asam kojic banyak digunakan sebagai bahan pemutih pada produk-produk kosmetik dengan konsentrasi penggunaan maksimum 1%. Asam ini adalah metabolit jamur yang biasa diproduksi oleh banyak spesies Aspergillus, Acetobacter, danPenicillium. Awalnya ditemukan di Jepang pada tahun 1990-an pada proses fermentasi beras, misalnya pada pembuatan sake. 

Mengapa digunakan Kojic Acid dalam perawatan kulit?
Karena Kojic acid memiliki manfaat sebagai inhibitor melanin khusus yang mampu mencerahkan titik-titik pigmen dan warna kulit sejak ditemukan sebagai bahan alami yang di ekstrak dari jamur jepang pada tahun 1989. Saat ini, Kojic Acid juga digunakan pada berbagai macam bentuk kosmetik seperti cream perawatan wajah untuk menghilangkan bintik-bintik flex, bintik-bintik penuaan, dan menyembuhkan jerawat.Dan dalam bentuk sabun maupun produk perawatan kulit lain seperti lotion yang dapat menetralkan radikal bebas, memperkuat aktivitas sel, dan mencegah degenerasi sel. 

Bagaimana Kojic Acid dapat memutihkan kulit?
Asam kojic menghambat melanosis dengan cara menghambat pengambilan oksigen yang diperlukan untuk proses “pencoklatan’ (browning) secara enzimatik.Dengan kata lain kojic acid dapat menghambat perubahan warna kulit menjadi coklat pada tingkat epidermis.

Apakah penggunaan kojic acid aman bagi kulit?
Sebagai pemutih kulit, asam kojic tidak bersifat karsinogenik.Sehingga kosmetika yang menambahkan kojic acid sebagai komposisinya aman digunakan.Lebih aman daripada kosmetika pemutih lain yang mengandung hidruquinon didalamnya.

Bagaimana penggunaan Kojic Acid?
Produk Kojic Acid paling sering digunakan untuk penggunaan topical (kulit), dalam bentuk lotion, cream wajah, atau sabun. Dosis yang dianjurkan relatif kecil, dengan konsentrasi maksimum sebesar 1%. Namun untuk mengurangi kemungkinan efek samping, produk kosmetik pencerah kulit dapat menggunakan konsentrasi sekitar 0,2%.

Kesimpulannya, kosmetika dengan kandungan Kojic Acid aman bagi kulit asal dengan kandungan yang sesuai dan wajar untuk digunakan sebagai komposisi kosmetika.

 
 
ALPHA ARBUTIN

Khasiat Alpha Arbutin Bagi Kulit

Cara kerja Alpha Arbutin adalah menghambat berkembangnya melanin yang dapat mengakibatkan kulit tampak gelap, Arbutin sangat cepat larut di dalam air sehingga hal ini juga mempengaruhi proses penyerapan kulit yang secara efektif akan langsung bekerja sesuai dengan harapan kita. Meskipun demikian hal ini tidak akan merusak keseimbangan kulit anda.

Manfaat lainnya yang bisa muncul ketika anda menggunakan kosmetik dengan bahan Alpha Arbutin adalah perlindungan dari radikal bebas yang secara masif dapat merusak kulit. Dengan kata lain, Alpha Arbutin juga berperan sebagai antioksidan yang saat ini sangatlah penting untuk setiap manusia.

Alpha Arbutin itu sendiri sebenarnya berasal dari tumbuhan, sehingga sifatnya lebih alami. Salah satu kosmetik yang mengandung Alpha Arbutin adalah Myzenza, produk ini telah memanfaatkan agen pemutih kulit yang lebih aman karena menyadari akan kebutuhan para wanita untuk bisa tampil cantik dengan kulit putih tanpa harus menanggung resiko kerusakan pada kulit.

Menggunakan kosmetik yang mengandung Alpha Arbutin memang jauh lebih direkomendasikan dari pada jenis kosmetik yang mengandung mercuri yang jelas-jelas merupakan bahan berbahaya. Memang tidak banyak kosmetik yang sudah menggunakan Alpha Arbutin sebagai bahan utamanya, untuk itu sangat beruntung anda telah menemukan informasi ini, sebab secara spesifik bisa memberikan anda informasi mengenai jenis kosmetik yang telah menggunakan Alpha Arbutin.

Mengingat akan sifat dasar Alpha Arbutin yang mudah menyatu dengan air, lotion Myzenza juga terasa lebih mudah terserap oleh kulit, sehingga tidak membuat kulit menjadi terasa lengket ataupun berminyak, hal inilah yang tidak banyak dimiliki oleh lotion-lotion lainnya.

 

COLLAGEN

Apa Itu Kolagen?

Kolagen adalah sebuah blok bangunan penting untuk kulit. Itu membuat hingga 30% dari protein tubuh hidup dan 70% dari protein yang membentuk kulit. Kolagen menjamin kohesi, elastisitas dan regenerasi kulit. Jaringan kulit terdiri dari berbagai molekul, beberapa di antaranya adalah asam amino, dan asam amino ini sangat penting untuk mempertahankan bahkan struktur kulit dan kulit sehingga sehat. Dermis, yang menyediakan landasan bagi kulit, terlibat erat dalam elastisitas kulit dan fleksibilitas. Kolagen adalah komponen utama dari dermis. Mempertahankan jumlah kolagen adalah kunci untuk kulit indah. Glycine, prolin, alanin dan hidroksiprolin merupakan konstituen utama kolagen; pengisian asam amino penyusun ini tampaknya diperlukan untuk mempertahankan jumlah kolagen pada tingkat yang sehat.

Perubahan kulit adalah salah satu tanda-tanda yang paling terlihat dari penuaan. Telah ada peningkatan yang cukup dalam memahami bagaimana usia kulit, bersama dengan kemajuan yang signifikan terhadap mengurangi tanda-tanda penuaan. Bukti bertambahnya usia termasuk garis-garis halus, keriput dan kehilangan elastisitas seperti kulit kendur. Perubahan kulit yang berhubungan dengan faktor lingkungan, genetik, nutrisi, dan faktor lainnya. Dengan penuaan, lapisan kulit luar (epidermis) menipis, meskipun jumlah lapisan sel tetap tidak berubah. Perubahan jaringan ikat mengurangi kekuatan kulit dan elastisitas. Hal ini dikenal sebagai elastosis.

Elastisitas kulit

Kolagen membantu kulit Anda mempertahankan elastisitasnya. Hal ini mencegah wajah Anda dari mengembangkan keriput setiap kali Anda membuat ekspresi dan rekening untuk penampilan muda dari kulit yang lebih muda. Ketika Anda usia, kolagen cenderung untuk memecah, dan ini mengurangi elastisitas kulit, sehingga keriput, kulit kendor, bintik-bintik usia dan efek yang sama dari penuaan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat kolagen untuk kesehatan kulit kita, sayangi kulit tubuh Anda, rawat dengan baik supaya tetap sehat. dan tetap tampil indah menawan dengan kulit sehat, bersih putih merona.

 

BHT 

Butylated Hydroxytoluene (BHT)

BHT atau butil hydroxytoluene adalah senyawa sintetis yang larut dalam lemak yang biasa digunakan untuk mengawetkan makanan dan kosmetik untuk memperlambat laju autoksidasi dari bahan dalam produk yang dapat menyebabkan perubahan dalam rasa atau warna. Dengan demikian, ini terutama digunakan untuk mencegah lemak dalam makanan menjadi tengik - tetapi juga digunakan dalam kosmetik, obat-obatan, bahan bakar jet, karet, produk minyak bumi, minyak transformator listrik, dan cairan pembalseman. BHT ( butylated hydroxytoluene ) adalah bahan kimia laboratorium buatan yang ditambahkan ke makanan sebagai pengawet. Orang juga menggunakannya sebagai obat. BHT digunakan untuk mengobati herpes genital dan acquired immunodeficiency syndrome ( AIDS ). Beberapa orang menerapkan BHT langsung ke kulit untuk luka dingin.
Butylated hydroxytoluene (BHT), juga dikenal sebagai dibutilhidroksitoluena, adalah senyawa organik lipofilik, kimia turunan fenol, yang berguna untuk sifat antioksidan. peraturan Eropa dan AS memungkinkan jumlah kecil untuk digunakan sebagai aditif makanan. Selain penggunaan ini, BHT banyak digunakan untuk mencegah oksidasi dalam cairan (mis bahan bakar, minyak) dan bahan lainnya di mana radikal bebas harus dikendalikan.
Fitoplankton, termasuk braunii ganggang Botryococcus hijau, serta tiga cyanobacteria yang berbeda (Cylindrospermopsis raciborskii, Microcystis aeruginosa dan Oscillatoria sp.) Mampu menghasilkan BHT. Konfirmasi dilakukan melalui kromatografi gas-massa analisis spektrometri.
BHT terdaftar di bawah tiga kategori di katalog dan database, seperti makanan aditif, bahan produk rumah tangga, aditif industri, produk perawatan pribadi / bahan kosmetik, bahan pestisida, plastik bahan / Karet dan Medis / Kedokteran Hewan / Research.
BHT terutama digunakan sebagai aditif makanan antioksidan. Di Amerika Serikat, itu diklasifikasikan sebagai umumnya diakui sebagai aman (GRAS) berdasarkan studi National Cancer Institute dari tahun 1979 pada tikus dan mice.It disetujui untuk digunakan di AS oleh Food and Drug.
BHT juga digunakan sebagai antioksidan dalam produk seperti kosmetik, farmasi, karet, minyak transformator listrik (0,35%), dan cairan pembalseman. Dalam industri minyak bumi, di mana BHT dikenal sebagai aditif bahan bakar AO-29, digunakan dalam cairan hidrolik, turbin dan peralatan minyak, dan bahan bakar jet. BHT juga digunakan untuk mencegah pembentukan peroksida dalam dietil eter dan bahan kimia laboratorium lainnya. Beberapa produk aditif mengandung BHT sebagai bahan utama mereka, sementara yang lain mengandung bahan kimia hanya sebagai komponen dari formulasi mereka, kadang-kadang bersama hydroxyanisole butylated (BHA).
 
Semua itu sudah diuji oleh Badan POM Indonesia sehingga sabun cloris Aman untuk masyarakat.
 
 
 
 

ReplyQuote
Share:


  
Working

Please Login or Register